Selasa, 21 Juni 2016

Memulai PHP

Logo PHP


Ok guys, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang Memulai PHP. Namun sebelum itu kita kenalan dulu yuk sedikit tentang PHP ini.

Kalian semua jangan berfikir kalau PHP ini adalah “Pemberi Harapan Palsu” ya, karna pada dasarnya PHP adalah kepanjangan dari “PHP Hypertext Processor” merupakan bahasa pemrogramman yang bersifat Server Side dan juga dinamis untuk membuat sebuah halaman website. Apa yang dimaksud Server Side.? Server Side berarti bahasa pemrogramman ini berjalan di sisi Server sebuah website, maka untuk belajar PHP ini kita harus punya Software pihak ketiga untuk menjalankan kode PHP yang kita buat, seperti WAMP, XAMPP, LAMPP, dan masuh banyak lagi. Dan apa yang dimasksud dengan dinamis.? Dinamis berarti PHP ini bisa berubah – ubah sesuai dengan data yang ada, karena PHP ini memang digunakan untuk menghubungkan website dengan databasenya.

Baik, kalau begitu mari langsung kita mulai saja yuk tutorialnya. Sekarang mari kita siapkan dulu nih alat dan bahannya, yaitu :

  1. Browser
  2. Software untuk mengolah kode (kali ini saya menggunakan Adobe Dreamweaver CS5), jika ingin download klik disini saja guys.
  3. Software Server Server dan Database (di sini saya menggunakan XAMPP), untuk mendownloadnya bisa klik disini atau di situs resminya saja nih, klik disni.

Ok, kalau sudah siap semua mari kita langsung eksekusi guys.
Pertama buka dulu deh Adobe Dreamweavernya, bikin file baru kemudian ketikkan kode berikut guys :

<?php
echo"Ini adalah PHP pertama saya";
?>

*Penjelasan :
<?php  ?> : kode ini adalah tanda awal dan akhir dari kode php

echo : berfungsi untuk menulis text pada php

Simpanlah file tersebut dengan nama pertama.php pada folder htdocs yang ada di dalam folder XAMPP sobat semua, jangn lupa bikin folder baru ya agar kelihatan rapih guys.

*nama file tidak boleh diberi spasi ataupun simbol



Simpan File PHP



Simpan File PHP


Ok, kalau sudah disimpan sekarang kita jalankan yuk guys php nya. Pertama nyalakan terlebih dahulu XAMPP nya dengan cara membuka XAMPP Control nya dan klik Start pada bagian Apache, jika sobat semua mau mencoba databasenya juga klik saja pada bagian MySQL nya guys.


XAMPP Start

Tunggu sampai berwarna hijau ya guys, kemudian bisa langsung kita buka deh pada browser kesayangan kita.


XAMPP Start


Ketik pada kolom url http://localhost/folder_sobat/pertama.php, dan tada php pertama sobat sudah selesai, selamat ya.

PHP Pertama

Ok, sekian dari saya ya sampai ketemu di tutorial yang berikutnya ya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.

0 komentar:

Posting Komentar